Gezi rehberi Teknoloji Teknoloji
DPMPTSP Provinsi Riau Menggelar Forum OPD Untuk Meningkatkan Pelayanan Penanaman Modal dan Perizinan
image

DPMPTSP Provinsi Riau Menggelar Forum OPD Untuk Meningkatkan Pelayanan Penanaman Modal dan Perizinan

DPMPTSP Provinsi Riau Menggelar Forum OPD Untuk Meningkatkan Pelayanan Penanaman Modal dan Perizinan
DPMPTSP Provinsi Riau Menggelar Forum OPD Untuk Meningkatkan Pelayanan Penanaman Modal dan Perizinan
Jumat, 01 Maret 2019 | 08:48:am WIB / Dibaca : 7801 kali 

Senin, 25 Februari 2019 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu melaksanakan kegiatan Forum Perangkat Daerah Provinsi Riau di bidang Penanaman Modal dan PTSP Tahun 2019. Kegiatan tersebut merupakan implementasi dari amanah Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, Tata cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah dan surat Gubernur Riau Nomor 050/Bappeda-I/170 tanggal 28 Januari 2019 tentang Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Provinsi Riau Tahun 2019.

Forum Perangkat Daerah ini bertujuan untuk mensinergikan arah kebijakan prioritas pembangunan Provinsi Riau dan Kabupaten/Kota di bidang Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sekaligus menyelaraskan rencana kerja awal tahun 2020 dengan usulan program dan kegiatan organisasi perangkat daerah kab/kota dan pemangku kepentingan lainnya di bidang penanaman modal.

Peserta Forum Perangkat Daerah ini meliputi beberapa OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan DPMPTSP kab / Kota Se provinsi Riau, sebagai berikut : 1. Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Riau; 2. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Riau; 3. Kepala DPMPTSP Kabupaten/Kota dan Kepala Bidang yang menangani Penanaman Modal dan PTSP serta Kepala Sub bagian Perencanaan Program dan 4. Pejabat Esselon III dan IV DPMPTSP Provinsi Riau.

Forum OPD ini diselenggarakan sebagai suatu mekanisme perencanaan yang mengkombinasikan proses-proses partisipatif dari seluruh aparatur yang memiliki keterkaitan dengan DPMPTSP Provinsi Riau dan DMPTSP Kab/kota se Provinsi dan proses teknokratis yang berbasis pada pencapaian Visi dan Misi Provinsi Riau.

Bappeda Provinsi Riau menyampaikan bahwa Forum OPD merupakan langkah awal dalam penyusunan rencana kerja Organisasi Perangkat Daerah Tahun 2020. Selanjutnya disampaikan bahwa forum ini merupakan wadah untuk merumuskan kebijakan, program dan kegiatan, sehinga pada akhirnya mampu menghasilkan program dan kegiatan yang efektif dan efisien dan mampu mendorong percepatan pertumbuhan investasi dan pencapaian target investasi. Pada kesempatan itu Bappeda Provinsi Riau juga memberikan arahan penyusunan program dan kegiatan DPMPTSP Provinsi Riau Tahun 2020 harus merujuk pada Misi ke 3 Gubernur Riau yakni : Mewujudkan Pembangunan Ekonomi yang Inklusif, Mandiri dan Berdaya Saing.

Kepala DPMPTSP Provinsi Riau menyampaikan bahwa Rencana Kerja yang disusun oleh DPMPTSP merupakan pengejawantahan dari misi Gubernur Riau yakni misi ke 3 dan ke 5 dan merupakan jawaban atas permasalahan dan pelaksanaan kebijakan dan mengacu pada kewengan pada DPMPTSP Provinsi Riau sesuai UU 23 Tahun 2014. keluaran yang dihasilkan adalah :

  1. Rancangan Rencana Kerja (Renja) OPD
  2. Daftar usulan program dan kegiatan OPD yang akan disampaikan sebagai bahan penajaman penyusunan RKPD.
  3. Daftar nama delegasi dari forum OPD yang berasal : Bappeda Provinsi Riau, Organisasi perangkat Daerah (OPD) Provinsi Riau; Pejabat DPMPTSP Kab/Kota se Provinsi Riau dan Pejabat Eselon II dan IV di Lingkungan DPMPTSP Provinsi Riau
  4. Berita acara hasil forum OPD.


Tulis Komentar